Tentang Blog dan Mengapa

- editorial

Blog ini adalah sebuah pencapaian baru untuk saya. Seperti sebuah pencapaian yang lainnya, saya ingin membagikannya kepada para pembaca. Dua bulan dalam masa pembuatan blog ini, saya belajar banyak hal. Yang paling saya ingat adalah membuat sesuatu yang berurusan dengan Internet itu sangat merepotkan.

Saya bertanya pada diri saya sendiri, “Mengapa membuat Blog?” Di saat banyak orang yang beralih melakukan Video Blog (Vlog), mengapa saya ingin menulis sesuatu? Jawabannya selalu saja saya merasa karya tulis seperti blog ini lebih dapat diterima dan diapresiasi dengan baik.

Typing Blog

Bulat tekad saya, saya mulai mencari bagaimana sih membuat blog sendiri, dengan nama domain sendiri (nama domain saya keren, kan?) :smile:. Ternyata membuat blog sendiri dan mengaturnya sendiri itu sulit. Hal yang paling menyulitkan mungkin adalah keinginan saya untuk memiliki alamat surel dengan domain sendiri juga.

Di bulan pertama, saya menghabiskan 300 ribu rupiah untuk pembelian domain yurizal-san.com dan juga penyewaan VPS (Virtual Private Server) dengan sistem operasi Linux. Saya belajar mengatur VPS saya sendiri, mengatur Web Server, dan mengatur DNS supaya VPS saya dapat diakses dari lautan Internet. Hal yang paling mudah hanyalah saya tidak asing dengan sistem operasi berbasis Linux, tapi saya juga tidak tahu apa-apa tentang Linux dalam server.

Saya merasa VPS bukanlah untuk saya, karena banyak hal kecil seperti pengaturan keamanan VPS yang saya belum bisa memahaminya. Lagipula situs yang saya buat juga merupakan situs yang statis dan tidak perlu melakukan banyak proses. Karena itu di bulan kedua saya berganti mencari layanan yang bisa menyimpan file HTML saya, dan menampilkannya ke Internet.

Jangan menyerah

Ingat dengan keinginan saya yang ingin memiliki alamat surel dengan domain sendiri? Saya melihat tentang penyedia layanan surel Fastmail dari sebuah seri blog yang diterbitkan oleh DuckDuckGo. Fastmail adalah penyedia layanan surel berbayar yang memberikan banyak fitur dan tidak menampilkan iklan. Hal ini, beserta keinganan saya untuk berhenti berketergantungan dengan penyedia layanan besar seperti Google, membuat saya dengan mudahnya memilih Fastmail. Lalu, apa hubungannya dengan Blog ini?

Untuk menggunakan domain sendiri, saya harus membayar paket penggunaan Fastmail seharga $5 USD (sebenarnya ada sesi percobaan 30 hari). Saat saya melihat keuntungan lainnya dari Fastmail, saya melihat bahwa Fastmail dapat membuat website dari kumpulan file HTML statis. Bingo! Saya langsung membuat file HTML sederhana untuk mencoba fitur tersebut. Hanya dengan kata “Hello World” dalam file percobaan tersebut, saya berseru kegirangan karena dapat mengaksesnya di www.yurizal-san.com/ pada waktu itu.

Karena membuat HTML sendiri itu melelahkan, saya akhirnya memilih menggunakan Static Site Generator bernama Hugo untuk membantu saya. Mungkin lain kali saya akan membuat blog tentang Hugo.

Itu adalah perjalanan saya dalam membangun Blog ini, mungkin tidak terlalu menarik. Tapi keinginan saya membuat blog adalah berbagi cerita dengan orang lain. Sebelum berakhir jangan lupa untuk mensubskripsi blog ini.

AdiĆ³s!