Kontribusi FOSS, gimana caranya?

- editorial solus foss

Pembaruan: Daftar petunjuk kontribusi beberapa proyek FOSS

Ok, pernah kah kalian berpikir…bahwa di luar sana ada ribuan orang yang berkumpul dan berkontribusi menghasilkan sebuah perangkat lunak yang dapat kalian gunakan secara cuma-cuma, dan kalian berpikir bagaimana saya bisa ikut membantu pengembangan perangkat lunak tersebut?

Di sini saya akan cerita tentang pengalaman kontribusi FOSS (Free Open Source Software), kelebihan, dan juga cara kalian untuk dapat ikut berkontribusi pada FOSS.

Pengalaman pribadi

Saya sudah pernah bercerita tentang pengalaman saya berkontribusi pada Solus, distro Linux yang saya pakai sehari-hari. Pertama kali saya mencoba untuk berkontribusi, ada seseorang yang menjadi mentor saya, namanya Ikey Doherty. Ikey memberikan saya kesempatan untuk belajar dan mengetahui alur kerja yang digunakan oleh Solus dalam mengelola paket aplikasi, hal ini terasa membingungkan karena saya harus belajar menggunakan git dan juga belajar bagaimana sebuah aplikasi dibuat untuk dipaketkan.

Dari memaketkan aplikasi, saya lari untuk berkontribusi dengan bahasa. Saya mulai menerjemahkan aplikasi buatan Solus ke bahasa Indonesia, walau pun dengan bahasa Indonesia yang kurang pas, hal ini membuat saya semakin penasaran untuk mencari hal yang dapat dilakukan untuk berkontribusi. Hingga akhirnya saya sadar, seorang mahasiswa Informatika yang kesehariannya membuat kode harusnya bisa berkontribusi lewat kode!

Sehingga saya dapat mentoring lagi dari Ikey dalam membuat applet untuk dekstop Budgie. Hal paling mengerikan dalam berkontribusi kode adalah kamu membiarkan kode milikmu dilihat oleh orang yang lebih ahli dari dirimu (Ikey pernah bekerja di Intel, lho!). Namun, Ikey tetap sabar dan memberikan arahan meskipun harus berkomunikasi dengan saya yang takut menulis dalam bahasa Inggris. Meski pun Ikey sudah meninggalkan Solus, tetapi karena kegiatan mentoring dia membuat saya dapat berlanjut dan terus berkontribusi ke Solus sampai saat ini.

Kelebihan kontribusi FOSS

Ada beberapa kelebihan jika kita pernah berkontribusi di FOSS:

Gimana cara kontribusi ke FOSS?

Sekarang udah lihat pengalaman saya, juga sudah baca kelebihan dari kontribusi FOSS, gimana untuk mulainya?

Kebetulan memulainya itu cukup gampang. Saya akan berikan urutan mulainya:

  1. Pilih proyek yang anda ingin berkontribusi. Misalnya; Linux distro yang dipakai atau aplikasi favorit. Pastikan proyek tersebut punya program mentoring, agar lebih mudah dalam memulai kontribusi.
  2. Setelah ketemu proyek yang ingin dibantu, pilih ingin berkontribusi apa. Beberapa distro Linux butuh foto yang bagus untuk me-refresh tampilan saat ada rilis versi baru. Beberapa aplikasi butuh laporan bug dan tester. Beberapa aplikasi juga tidak pernah diartikan tulisannya ke bahasa Indonesia. Pilih kontribusi kecil tapi bisa dilaksanakan konsisten.
  3. Hubungi pihak proyek! Mereka biasanya sangat senang dengan kontribusi baru, jadi jangan sungkan.
  4. Mulai berkontribusi! Ikut program mentoring kalau perlu.
  5. Setelah lama berkontribusi kecil, lakukan kontribusi lainnya seperti memulai melaporkan *bug* dan solusi menanganinya. Intinya, kalau ingin diakui harus lebih terlihat lagi kontribusinya.

Daftar petunjuk kontribusi beberapa proyek FOSS:

Penutup

Mungkin sekian yang saya dapat sampaikan, hal paling menyulitkan untuk mulai berkontribusi adalah menangani rasa takut. Namun saat rasa takut itu hilang, kita merasa jadi bagian sesuatu hal yang lebih besar dari kita.

I bid you adieu!