Konfigurasi Joystick Ipega PG-9025 di Linux

- gaming tutorial linux

Joystick adalah aksesoris penting bagi mereka yang senang bermain permainan video (video game). Berkembang pesatnya dukungan permainan video di Linux, membuat banyak orang mulai bermain game menggunakan Linux. Namun, biasanya dukungan perangkat joystick terbatas di Linux. Seperti halnya joystick Ipega PG-9025 yang baru saya beli.

Penampakan Joystick Ipega PG-9025

Secara teori, seharusnya joystick Ipega ini bekerja dengan segala perangkat yang memiliki dukungan bluetooth. Ipega sendiri mengiklankan joystick ini untuk Android, Iphone, dan PC (Personal Computer). Tapi…mereka tidak menyadari bahwa PC bukan berarti komputer dengan sistem operasi Windows. Sehingga jika digunakan dengan notebook saya, semua tombolnya jadi kacau. Jadi di sinilah saya, mencoba mengakali hal ini di sistem operasi berbasis Linux yang saya gunakan.

CATATAN: Jika anda menggunakan joystick standar seperti XBOX Controller, DualShock, atau Steam Controller mungkin pengalaman anda akan lurus dan tenang. Karena dukungan untuk joystick yang disebutkan tadi itu sangat baik.

Sejarah manajemen joystick di Linux itu penuh pertikaian di pertengahannya. Kini standar yang digunakan cuma satu, yaitu evdev. Pengaturan evdev sendiri tidak terlalu sulit. Untuk mengaturnya kita hanya perlu mengatur rules dari udev.

Pertama, pasangkan Ipega PG-9025 dengan komputer Linux anda. Nyalakan Ipega pada mode joystick dengan menekan tombol HOME+X, seperti pada buku panduan. Lalu, di komputer anda pasangkan perangkat sesuai dengan tampilan masing-masing. Setelah terpasang, ikuti langkah di bawah secara seksama.

Pastikan direktori /etc/udev/rules.d ada di sistem berkas anda, jika tidak ada silahkan buat dengan perintah dibawah ini;

sudo mkdir /etc/udev/rules.d

Lalu, buat sebuah file baru di direktori yang sebelumnya, dengan nama 64-ipega.rules. Ganti $EDITOR dengan aplikasi pengubah teks favorit anda.

sudo $EDITOR /etc/udev/rules.d/64-ipega.rules

Isi file tersebut dengan teks di bawah ini;

ACTION=="add", SUBSYSTEM=="input", ATTRS{name}=="NAMA JOYSTICK", ATTRS{uniq}=="NOMOR UNIK", SYMLINK+="ipega", MODE="0666"

Ganti NAMA JOYSTICK dan NOMOR UNIK sesuai dengan attribut name dan uniq, hasil perintah cat /proc/bus/input/devices. Jika joystick tidak terpasang dengan komputer, di hasil perintah cat sebelumnya tidak akan ada joystick yang tertera.

Kemudian, pasang aplikasi xboxdrv dari masing-masing manajemen paket anda. Jika anda pakai sistem operasi Solus, gunakan perintah dibawah ini;

sudo eopkg install xboxdrv

Buat file konfigurasi di $HOME/.config/xboxdrv/ipega.conf, jika folder tidak ada silahkan buat terlebih dahulu. Isi dengan pengaturan dibawah ini;

#iPEGA PG-9025 Config 

[xboxdrv]
evdev-debug = false
evdev-grab = true
rumble = false
mimic-xpad = true

[evdev-absmap]
ABS_HAT0X = dpad_x
ABS_HAT0Y = dpad_y

ABS_X = X1
ABS_Y = Y1

ABS_Z  = X2
ABS_RZ = Y2

[axismap]
-Y1 = Y1
-Y2 = Y2

[evdev-keymap]
BTN_A=a
BTN_B=b
BTN_Y=y
BTN_X=x
BTN_TR=rb
BTN_TR2=rt
BTN_TL=lb
BTN_TL2=lt
BTN_THUMBR=tr
BTN_THUMBL=tl
BTN_START=start
BTN_SELECT=back
BTN_MODE = guide

Setelah semua file konfigurasi sudah dibuat, anda harus menjalankan program xboxdrv. Mungkin ada yang bertanya, “Apa sih xboxdrv? Kenapa harus pakai xboxdrv?” Pertama, di atas sudah disebutkan bahwa dukungan untuk contoller seperti milik Xbox itu sangat bagus di Linux. Jadi kita akan mensimulasikan joystick Ipega ini menjadi joystick Xbox. Sehingga lebih banyak game yang dapat dimainkan menggunakan joystick Ipega.

Jalankan xboxdrv di Terminal dengan perintah dibawah ini;

xboxdrv --evdev /dev/ipega --config $HOME/.config/xboxdrv/ipega.conf --silent

Selama xboxdrv berjalan di komputer anda, komputer anda akan mengenali joystick Ipega sebagai joystick Xbox. Untuk mematikan programnya, gunakan tombol Ctrl+C di Terminal.

Selamat! Anda menyelesaikan tutorial ini. Silahkan coba untuk bermain game di Steam atau emulator dengan joystick anda. Jika ada kebingungan atau ada masalah, kirim cuitan melalui Twitter atau surel.